Rabu, 16 Oktober 2013

Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Kopi


Kopi mungkin menjadi minuman yang paling dikenal masyarakat di dunia. Minuman hitam  ini telah dikenal manusia sejak ratusan tahun yang lalu. Tak  heran jika 80 persen orang di dunia minum kopi sedikitnya satu cangkir sehari. Jadi anda bukan satu-satnya penggemar kopi di bumi ini.

Minum kopi memang menimbulkan efek segar bagi tubuh. Tak lain karena didalam kopi terdapat zat aktif yang bernama kafein. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 mg kafein.

Dalam ‘’The Pharmacological Basis of Therapeutics’’ oleh Dr.J.Murdockh Ritchie disebutkan bahwa efek positif dari kafein antara lain : menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, mengurangi rasa ngantuk dan kelelahan, meningkatkan sensor stimuli dan reaksi motorik, misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan yang lebih kecil.

Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih ‘’segar’’. Efek inilah yang menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Sayangnya, kebiasaan minum kopi seringkali menimbulkan kecanduan, baik secara psikologis maupun fisiologis. Ciri mumkecanduan kopi antara lainrasa letih atau lelah, tak bersemangat atau mengantuk bila sehari  tidak minum kopi.

Konsumsi kopi yang wajar adalah 85-200 mg, atau 1-3 cangkir kopi. Namun, minum kopi diatas 250 mg sekaligus dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, sulit tidur (insomnia), gugup, tremor(tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

Namun kopi juga berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi) karena senyawa kafein dapat menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan aliran darah ke ginjal yang berakibat meningkatnya produksi urin. Jadi, jangan heran apabila setelah mengonsumsi kandung kencing cepat penuh.

Kafein yang dalam jumlah lebih besar, misalnya kita konsumsi 10 cangkir kopi berturut-turut, juga bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain : muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafeinyang dalam jumlah sangat besar bahkandapat menjadi zat yang mematikan. Tapi jangan takut, karena kafein barubisa mematikan manusia apabila jika dikonsumsi sebanyak 10 gram. Jumlah ini setara dengan 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut. (Majalah Ar-risalah)