Kamis, 17 Oktober 2013

Obat Herbal untuk Mengatasi Bau Mulut (Halitosis)


Bau nafas atau baumulut terkadang menjadi pengganggu dalam pergaulan, baik si penderita yang menjadi kurang percaya diri maupun orang lain yang merasa terganggu dengan bau tak sedap dari mulut temanya. Ada beberapa penyebab bau mulut, diantaranya karena pengasaman sisa makanan yang terjadi di sekitar gigi, gigi berlubang, radang gusi, sakit tenggorokan, atau adanya masalah di system pencernaan. 

Berikut beberapa tanaman obat/herbal yang manjur untuk menghilangkan bau nafas/bau mulut.

Ramuan 1
Pegagan 10 gr kering atau 30 gr segar, daun sirih 20 gr segar, temulawak 10 gr kering 25 gr segar, cengkih 10 biji kering, dan kencur 30 gr segar. Cuci semua bahan, lalu memarkan kencur dan dan temulawak. Rebus semua bahan dalam satu lite air. Rebus hingga tersisah setengahnya, saring lalu minum sehari tiga kali. Sekali minum 150 ml.

Ramuan 2
Daun beluntas 10 gr kering atau 25 gr segar, kayu manis 5 gr kering, cengkih 10 biji kering, kapulaga 5 buah kering, dan kunyit 20 gr segar. Cuci semua bahan, lalu iris-iris kunyit. Rebus semua bahan dalam satu liter air. Rebus hingga tersisa setengahnya, saring dan minum tiga kali sehari. Sekali minum 150 ml.

Anjuran:
  • Sikat gigi secara bersih dan teratur setelah makan dan sebelum tidur 
  • Gunakan cairan penyegar mulut untuk menghilangkan kuman dan bakteri. 
  • Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut. Konsumsi permen untuk meminimalisir bau mulut. 
  • Perbanyak minum air putih.