Rabu, 16 Oktober 2013

Obat Herbal untuk Menyembuhkan Diare


Diare atau mencret adalah penyakit buang air besar, kotoran yang dikeluarkan encer dan mengandung banyak cairan. Biasanya penderita akan keluar masuk wc karena frekuensi buang air tidak wajar. 

Diare disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya depresi, ketidakcocokan terhadap suatu makanan, keracunan makanan, atau gangguan pada saluran pencernaan. Gejalanya, si penderita sering buang air besar dengan bentuk kotoran yang encer dan mengandung banyak cairan.

Berikut ramuan herbal yang manjur dalam menyembuhkan Diare atau mencret:

Ramuan 1
Tanaman sawi tanah (akar, batang, daun) 30 g segar, daun sosor bebek 30 g segar, sambiloto 30g segar, dan daun salam 20 g segar. Cuci semua bahan lalu rebus dalam satu liter air. Rebus hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum sehari tiga kali. Sekali minum 150 ml. untuk anak-anak, 30-50 ml sekali minum.

Ramuan 2
Daun jambu biji muda 40 g segar, kulit pulosari 10g kering, biji adas 5 g kering. Cuci bahan lalu rebus 600 ml air sampai tersisa setengahnya. Saring lalu minum sehari tiga kali, 50-100 ml sekali minum.

Ramuan 3
Daun jambu biji muda 40 g segar. Cuci bersih, lalu makan dengan sedikit garam. Lakukan sehari dua kali pagi dan sore.

Ramuan 4
Daun salam 15 g segar, temulawak 10 g kering, kulit buah delima 20 g kering, dan meniran 25 g. Cuci semua bahan lalu rebus dalam satu liter air sampai tersisa setenganya. Saring dan minum sehari tiga kali. 100-150 ml sekali minum.

Ajuran:
Jaga kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Cuci tangan sebelum makan atau minum. Perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang terbuang bersama kotoran.