Kamis, 06 Juni 2013

Manfaat Bawang Putih, Obat Penyakit Ganas














Manfaat Bawang Putih; Obat Penyakit Ganas. Sebagian besar dari kita  mengenal bawang putih sebagai bumbu masak pada beberapa masakan. Namun, tahukah anda selain sebagai bumbu masak, bawang putih juga sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat. 

Konon, bawang putih telah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Pada tahun 2700-1900 sebelum masehi, para pekerja yang membangun piramida di mesir menggunakanya sebagai obat penangkal penyakit dan rasa letih. Pada 460 sebelum masehi, Hipokrates memuji khasiatnya yang mampu mengobati berbagai penyakit. Pada saat perang dunia tahun 1914-1918, bawang putih digunakan tentara Perancis untuk mengobati luka.
Bawang putih berkhasiat antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol darah, menghambat agregasi trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik, menghambat atherogenesis dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian menunjuan behwa bawang putih dapat berperan sebagai anti oksidan maupun anti kanker.

Thailand Institute of Scientific and Technological Research pernah melakukan penelitian tentang manfaat bawang putih dalam pengobatan. Mereka membuat kapsul berisi ekstrak bawang putih yang setara dengan 7 gram bawang putih segar per kapsul. Dosis yang digunakan adalah 2x1 kapsul setiap hari selama 5 bulan. Pada bulan pertama penelitian  terhadap  manusia, kolesterol darah meningkat. Hal ini mungkin terjadi karena adanya pengikisan endapan lemak di pembuluh darah. Kolesterol HDL meningkat setelah 2 bulan pemberian kapsul. Kadar kolesterol menurun setelah 8 minggu, namun penurunan kadar trigliserida baru terjadi setelah 5 bulan pemberian bawang putih.

Dari data dan fakta di atas, terbukti bawang putih dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar