Sabtu, 01 Juni 2013

Manfaat Minyak Zaitun














Manfaat MinyakZaitun. Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun (Olea europea). Mnyak zaitun telah dikenal sejak zaman dahulu dan telah di pergunakan sebagai sesuatu yang penting dalam keseharian manusia sejak zaman dahulu.
Buah zaitun termasuk jenis Olea europea dari keluarga Oleaceae. Buah yang masih muda berwarna hijau kekuningan kerap kali disantap begitu saja ataupun sebagai penambah rasa. Sementara buah yang telah matang berwarna hitam, digunakan untuk membuat acar atau diperas untuk diambil minyaknya.
Buah zaitun lebih terkenal sebagai minyak zaitun (olive oil). Masyarakat Timur Tengah memanfaatkanya sebagai sumber minyak nabati yang membuat rasa khas pada hidangan mereka. 
Manfaat minyak zaitun bukan hanya pada manfaatnya sebagai bahan masakan, tetapi juga minyak zaitun memiliki manfaat di bidang kesehatan. Manfaat minyak zaitun dalam kesehatan terletak dalam kandungan yang terdapat didalamnya. Minyak zaitun mengandung asamoleat atau omega 9 (79%), asam palmitrat atau asam lemak jenuh (11%),asam linoleat atau omega 6 (7%), asam stearat (2%), dan lain-lain sebesar 1%. 
Omega 9 dapat menekan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat di dalam tubuh dan meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Kandungan klorofil di dalamnya berperan sebagai anti oksidan di dalam tubuh. Jadi mengkonsumsi minyak zaitun bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh serta mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai obat anti radang non-steroid, seperti aspirin danibuprofen. Karena bermanfaat sebagai anti radang,  minyak zaitun juga dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan peradangan seperti penyakit-penyakit vaskuler, berbagai jenis kanker, dan dimensia.  Beikut artikel singkat mengenai Manfaat Minyak Zaitun. Semoga bisa diambil manfaatnya. Terima kasih telah berkenan mampir ke blog sederhana ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar