Rabu, 05 Juni 2013

Manfaat dan Keajaiban Bersin















Manfaat dan Keajaiban BersinSiapa yang tak pernah bersin? Mungkin tidak ada orang yang selama hidupnya tidak pernah bersin. Namun tahukah anda, ternyata ada keajaiban besar dibalik bersin yang sering kita lakukan. Yang pasti semua keajaiban tersebut menandakan adanya tuhan yang tak pernah tidur dan memperhatikan seluruh makhluk ciptaanya.

         Pertama,bersin merupakan mekanisme perlindungan tubuh terhadap masuknya benda asing, sehingga si pelaku bersin dapat terlindung dari debu, bakteri, bau-bauan, dan munkin juga virus. Bersin terjadi karena adanya respon yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya benda asing atau kelebihan cairan yang masuk kedalam hidung.

         Kedua, dalam sekali bersin kita dapat mengeluarkan sekitar 40.000 butir-butir air yang telah terinfeksi bakteri ataupun virus dengan kecepatan 70 meter/detik.

         Ketiga, hal yang patut kita syukuri adalah, ternyata ketika kita sedang bersin secara reflek otot-otot yang ada di wajah kita menegang, dan jantung kita akan berhenti berdetak selama kita bersin.
         Itulah mengapa umat muslim disunnahkan mengucap Alhamdulillah….!” Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt. sebab, dengan bersin kita telah terhindar dari penyakit yuang akan masuk kedalam tubuh.

         Dan tahukah anda ternyata selain umat Muslim, ucapan rasa syukur sehabis bersin dapat pula kita temikan dalam berbagai bahasa dan bangsa. Di negara-negara berbahasa Inggris ada kebiasaan untuk mengucapkan God bless you (semoga tuhan memberkati anda) bila seseorang bersin. Tradisi ini telah ada sejak abad pertengahan . Dalam bahasa Italia bersin diikuti oleh jawaban Salute (sehat). Dalam budaya Portugis, bersin diikuti oleh jawaban Saude (sehat), dan yang bersin menjawab Obrigado atau Obrigada (terima kasih). Dalam bahasa Jerman, bersin akan diikuti oleh ucapan, Gesundheit(sehat[bagimu]).              
(sumber: Majalah ar-risalah edisi 84 hal 37).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar