Senin, 24 Juni 2013

Tips Minum Sehat ala Rasulullah

















Tips Minum Sehatala Rasulullah. saw. Telah memberikan contoh bagaimana cara minum yang baik dan menyehatkan. Mengapa Rasulullah saw. Tidak pernah saikit sepanjang hidupnya? Salah satunya adalah karena pola makan atau minumnya.

Rasulullah saw. Minum dengan sekurang-kurangnya dua atau tiga kali tegukan. Setiap tegukan di selingi dengan mengambil nafas diluar gelas.
Anas ra. Meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. Mengambil nafas tiga kali pada saat minum. (HR. Bukhari).

Rasulullah saw. Tidak langsung menghabiskan minumanya dalam sekali teguk. Dan mengambil nafas disela-sela minumnya sebanyak tiga kali. Mengucap Bismilllah pada sebelum minum dan mengucap hamdallah seusainya.

Rasulullah saw. Bersabda, “janganlah kalian minum sekali teguk, seperti minumnya onta. Tetapii munumlah dua atau tiga kali tegukan. Dan bacalah bismilllah ketika minum, kemudian bacalah hamdallah selesai minum.”(HR. At-Tirmidzi).

Berdasarkan penelitian ilmiah, air yang diteguk sekaligus akan mengganggu kesehatan hati. Air akan turun ke hati dan merusak sel-sel dan bagian dalam hati. 

Rasulullah saw. Melarang untuk bernafas dalam wadah minuman yang kita minum. Dan rasulullah akan menunggu makanan atau minumanya yang panas hingga dingin. 

Ketika kita bernafas di dalam gelas minuman, udara yang kita keluarkan melalui mulut ataupun lubang hidung merupakan udara kotor hasil proses pembakaran dalam tubuh yang mengandung zat asam arang Karbon Dioksida (CO2). Maka kita akan menghirup zat tersebut ketika bernafas di dalam wadah minuman, atau minuman kita akan tercemar dengan zat yang tidak menyehatkan itu.

Makanan atau minuman yang dikonsumsi ketika masih panas dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.

2 komentar:

  1. Subhanallah, ... dan yang paling penting janganlah kalian minum sambil berdiri!

    BalasHapus
  2. wah begitu ya sob, maksih sharenya

    BalasHapus